Kamis, 29 Desember 2016

Sistem Digestifa

SISTEM DIGESTIFA

Sistem penceraan berurusan dengan penerimaan makan dan mempersiapkannya untuk diasimilasi oleh tubuh.sistem pencernaan terdiri dari beberapa bagian,yaitu:
v  Mulut
Mulut adalah rongga lonjong pada permulaan saluran pencernaan.terdiri atas dua bagian luar sempit,atau vestibula,yaitu ruang antara gusiserta gigi dengan bibir dan pipi,dan bagian dalam,yaitu rongga mulut yang dibatasi disisinya oleh tulang maxilaris dan semua gigi,dan dibelakang bersambung dengan awal farinx.
Didalam mulut terdapat:
·         Gigi
Terdapat dua jenis gigi yaiti gigi sulung dan gigi tetap.terdapat 20 gigi sulung, 10 pada setiap rahang.dari tengah ke-2 sisi berturut-turut dinamai: 2insivus atau gigi seri,1 kanina atau gigi taring,2 molar atu geraham.Gigi tetap yaitu 32,16 pada setiap rahang, dari tengah ke samping berturut-turut disebut 2 insisivus,1 taring 2 premolar (geraham depan),3 molar (geraham belakang).
Fungsi gigi dalam proses mastikasi (pengunyahan).makanan yang masuk dalam mulut dipotong menjadi bagian-bagian kecil bercampur dengan saliva untuk membentuk bolus makanan yang dapat ditelan.
·         Lidah
Lidah memiliki permukaan yang kasar karena adanya tonjolan yang disbut papila.terdapat 3 jenis papila,yaitu:
1.      Papila filiformis (fili =benang);berbentuk seperti benang halus
2.      Papila sirkumvalata (sirkum =bulat);berbentuk bulat,tersusun seperti huruf V di belakang lidah
3.      Papila pungiformis (fungi =jamur);berbentuk seperti jamur
Funsi lidah adalah sebagai pengecap rasa dan membantu proses mengunyah,bersama bibir lidah juga berfungsi mengolah suara agar bisa bersuara jelas.


·         Kelenjar ludah
Kelenjar ludah adalah kelenjar majemuk bertandan,yang berarti terdiri dari atas gabungan kelompok alveoli  bentuk kantong dan yang membentuk luabg-lubang kecil.
Kelenjar terdiri 2 bagian yaitu;
1.      Kelenjar parotis iyalah yang terbesar.satu terletak di sebelah kiri dan satu disebelah kanan dan terletak di depan agak ke bawah telinga.sekretnya dituangkan kedalam mulut melalui saluran parotis atau saluran stensen,yang bermaura di pipi sebelah dalam yang berhadapan dengan geraham kedua atas.
2.      Kelenjar submandibulari nomer dua besar sesudah kelenjar parotis.terletak dibawah kedua sisi tulang rahang,dan berukuran kira-kira sebesar bauh kenari.sekretnya dituangkan kedalam mulut melalui saluran warthon,yang bermuara didasar mulut didekat frenulum linguae.
Fungsi kelenjar ludah adalah untuk mengeluarkan saliva yang merupakan cairan pertama yang mencernakan makanan.
v  Faring (tenggorokan)
Merupakan penghubung antara rongga mulut dan kerongkongan.berasal dari bahasa yunani yaitu pharynk.
Faring terdiri dari:
·         Bagian superior;bagian yang sama tinggi dengan hidung
·         Bagian media;bagian yang sama tinggi dengan mulut
·         Bagian inferior; bagian yang sama tinggi dengan laring
v  Esofagus ( kerongkongan)
Kerongkongan adalah tabung (tube)berotot pada vertebrata yang dilalui sewaktu makanan mengalir dari bagian mulut kedalam lambung.
Fungsi esofagus adalah menyalurkan makanan kelambung,agar makanan dapat berjalan sepanjang esophagus,terdapat gerakan peristaltik sehingga makanan dapat berjalan menuju lambung.

v  Lambung
Lambung merupakan bagian yang paling fleksibel karena dapat menampung makanan sebanyak 1-2 liter.lambung atau perut besar (kantong nasi) adalah bagian dari saluran pencernaan yang dapat mekar,terdapat dibagian rongga perut agak sebelah kiri dibawah diafragma.
Fungsi lambung :
·         Menampung makanan
·         Produksi kimus
·         Digesti protein
·         Produksi mucus
·         Produksi  faktor instrinstik
·         Absorpsi
Beberapa zat yang di absorpsi antara lain adalah beberapa obat yang larut lemak (aspirin) dan alcohol.diabsorpsi pada dinding lambung serta zat yang larut dalam air terabsorpsi dalam jumlah yang tidak jelas.
Pada lambung terdapat beberapa bagian,yaitu:
a.      Kardiak (merupakan tempat pertama pada lambung,letaknya berada dibawah kerongkongan.merupakan tempat pertama masuk makanan setelah dari kerongkongan.
b.      Fundus (merupakan bagian tengah dari lambung.pada bagian ini makanan akan tersimpan selama 1jam.dalam fundus,gas-gas akan terakumulasi ketika proses pencernaan kimia yang terjadi didalam lambung).
c.       Korpus (merupakan wilayah pusatdari organ lambung,disisni akan terjadi proses  pencernaan kimia).
d.      Pilorus (merupakan bagian lambung yang berhubungan dengan usus 12 jari.pada bagian ini makanan akan berkumpul dan mengalami peroses pencernaan sebelum masuk ke bagian usus 12 jari).
e.      Kurvantura minor (terletak dibagian sebelah kanan lambung dan terbentang dari osteum kardiak sampaike pylorus).
f.        Oesteum kariakum (merupakan tempatesophagus bagian abdomen masuk ke lambung).
v  Usus halus
Usus halus adalahsaluran pencernaan diantara lambung dan usus besar,yang merupakan tuba terlilit yang merentang dari sfigter pylorus sampai kutub ileosekal ,tempat menyatu dengan usus besar.
Usus halus mempunyai susuna beberapa baguian,yaitu:
·         Duodenu (merupakan bagian yang terpendek dari usus halus.organ ini disebut juga usus 12 jari panjangnya 25-30 cm.pada usus ini bermuara dua saluran yaitu saluaran getah pancreas dan salura empedu).
·         Jejenum ( adalah bagian kelanjutan dari duodenum yang panjangnya kurang lebih 1-1,5m.pada bagian ini terjadi pencernaan kimiawi ).
·         Ileum membentang sampai menyatu dengan usus besar dengan panjangnya 2-2,5m).
·         Mukosa usus halus
Fungsi usus halus:
ü  Menerima zat-zat makanan yang sudah dicerna untuk diserap melalui kapiler-kapiler darah dan saluran-saluran limfe dengan peroses sebagai beriku: 1.menyerap protein dalam bentuk asam amino. 2.karbohidrat diserap dalam bentuk monosakarida.
ü  Secara selektif mengabsorbsi produk digesti dan juga air,garam dan vitamin.
v  Usus besar
Usus besar merupakan akhir dari proses pencernaan,karena sebagi tempat pembuangan,maka di usus besar sebagian besar nutrient telah dicerna dan diabsorbs dan hanya menyisakan  zat-zat yang tidak dicerna.
Fungsi usus besar:
ü  Menyerap air dan elektrolit 80% sampai 90% dari makanan
ü  Tempat tinggal sebagian bakteri coli,yang mampu mencerna sejumlah kecil selulosa dan memproduksi  sedikit kalori nutrient bagi tubuh dalam setiap hari.
ü  Memproduksi vitamin antara lain vitamin k,ribovlafin dan tiamin dan berbagi gas.
ü  Penyiapan selulosa yang berupa hidrat arang dalam tumbuh-tumbuhan,buah-buahan dan sayuran hijau.
Bagian-bagian dalam usus besar,yaitu:
a.      Sekum (merupakan bagian usus besar yang menghubungkan antara usus besar dan juga bagian kolom usus.sekum berfungsi untuk melakukan penyerapan air dan juga garam yang tersisa dalam usus ketika pencernaan selesai dan untuk mencampur cairan dengan garam tersebut bersamaan dengan zat pemulas dan juga lendir).
b.      Kolon asendens (kolom yang ada dibagian usus besar dimulai dari kolom asenden.sebab kolon ini terletak didasar perut kanan bagian bawah kemudian bergerak ke hati.berfungsi untuk menyerap air dan juga menyerap nutrisi yang belum sepenuhnya diserap oleh bagian usus halus).
c.       Kolon tranversum (kolom ini berhubungan dengan kolom asenden sebab kolon asendenakan mengarah ke bagian kolon tranversum.kolon tranversum terletak dibagian kana perut kemudian ke kiri bagian perut.traversum juga melekat pada perut).
d.      Kolon desenden (kolon ini adalah bagian kolon transversum bagian bawah dan berubah menjadi kolon desenden.terletak di sisi perut bagian kiri.pergerakan kolon desenden berkhir pada kolon sigmoid).
e.      Kolon sigmoid (merupakan kolon terakhir yang ada dibagian usus besar.kolon ini letaknyadi sisi kiri bagian bagian bawah perut.jika dilihat kolon ini  akan membentuk huruf S dan tersambung dengan kolon desenden dan bagian rektum.bagian kolon ini dilapisi dengan jaringan masa otot yang kuat sehingga usus memiliki kekuatan untuk mendorong limbah menuju ke bagian rektum.








DAFTAR PUSTAKA
Setiadi.2007.Anatomi Dan FisiologiManusia.Penerbit Graham Ilmu, Yogyakarta.
Tarwoto, Ratna Dan Wartonah.2015.Anatomi Dan FisiologiUntukMahasiswaKeperawatan.Penerbit CV. Trans Info Media, Jakarta Timur
Sarpini,R.2015.Anatomi Dan FisiologiUntukParamedisEdisiRevisi.Penerbit IN MEDIA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar