Kamis, 29 Desember 2016

SISTEM SIRKULASI
v  jantung
a.sistem sirkulasi
            Sistem sirkulasi adalah penghubung antara lingkungan eksternal dan lingkungan cairaninternal tubuh.sistem ini membawa nutrien dan gas kesemua sel,jaringan,organ,dan sisrem organ  serta membawa produk akhir metabolik keluar darinya.
b.pengertian jantung
            jantung adalah organ berongga dan memiliki 4 ruang yang terletak diantara dua paru-paru bagian tengah ronnga toraks.dua pertiga jantung terletak didaerah sebelah kiri midsternal,jantung juga dilindungi oleh mediastinum.
c.fungsi jantung
1.      Transfor,makanan,gas,hormon,mineral,enzim,dan zat-zat vital lainnya yang dibawa darah keseluruh tubuh. Zat-zat sisa dibawa darah menuju paru-paru,ginjal atau untuk kulit yang dikeluarkan dari tubuh.
2.      Mempertahankan suhu tubuh,pembuluh darah berkontruksi untuk  mempertahankan panas tubuh dan berdelatasi untuk melepaskan panas padapermukaan kulit.
3.      Perlindungan.sistem darah dan sistem limfatik melindungi tubuh terhadap cedera dan invasi benda asing melalui sisrem imun .mekanisme pembekuan darah mencegah kehilangan darah.
4.      Pendaparan (buffering) protein darah memberikan sistem bufer asam basa untuk mempertahankan PH optimun darah.

Pada jantung terdapat atrium kana dan kiri dan pada ventrikel juga terdapat ventrikel kanan dan ventikel kiri:
*      Atrium mempunyai diding yang libih tipis dari ventrikel,pada atrium terdapat:
·         Atrium kanan terletak dalam bagian superior kanan jantung,menerima darah dari seluruh jaringan kecuali paru-paru.
·         Atrium kiri berada dibawah superior jantung sebelah kiri,berukuran lebih kecil dari atrium kanan,dan didingnya juga lebih tebal,atrium kiri menampung 4 vena pulmonalis yang mengembalikan darah teroksigensi dari paru-paru
*      Ventriasi yang mempunyai diding yang lebih tebal dari atrium,pada ventriasi terdapat:
·         Ventrikel kanan terletak dibagian inferior kanan pada apeks jantung.darah meninggalkan ventrikel kanan melalui trunkus pulmonal dan mengalir melewati jarak yang pendek ke paru-paru.
·         Ventrikel kiri terletak dibagian inferior kiri pada apeks jantung




v  Pembuluh darah
Pembuluh darah ialahserangkaian tuba tertutup yang bercabang dan membawa darah dari jantung ke jaringan kemudian kembali ke jantung.ada tiga jenis pembuluh darah ,yaitu:
1.      Aorta yaitu arteri utama  dalam tubuh bagian yang berada dalam rongga torax dikenal sebagai aorta torasika.
2.      Arteri berfungsi membawa darah meninggalkan jantung.
3.      Kapilar adalah saluran mikrosorpik  untuk pertukaran nutrien dan zat sisa diantara darah dan jaringan.kapilar juga pembuluh darah yang sangat kecil tempat arteri berakhir.
*      Vena
Sistem vena dimulia dari ujung vena pada jaringan-jaringan untuk membentuk vena yang berukuran lebih besar.vena lebih banyak daripada arteri dan ukurannya pun lebih besar.

v  Limpa
Limpa adalah sebuah kelenjar berwarna ungu tua yang terletak disebelah kiri abdomen didaerah hipogastrum kiri dibawah iga ke-9,10 dan 11.limpa berdektan dengan fundus dan permukaan luarnya menyentuh diafragma.limpa menyentuh ginjal kiri,kelokan dan kiri atas dan ekor pankreas.
Pembuluh darah limpa masuk dan keluar melalui hilium yang berada didalam permukaan dalam pembuluh drah itu  menuangkan isinya langsung kedalam pulpa sehingga darahnya dapat bercampur dengan unsur-unsur limpa .
Fungsi limpa:
1.      Sel darah merah yang sudah usang dipisahkan dari sirkulasi
2.      Menghasilkan limfosit
3.      Di perkirakan juag limpa bertugas menghancurkan sel darah putih dan trombosit
4.      Sebagi bagian dari sistema retikula sendoteliat,limpa juag terlibat dalam perlindungan terhadap penyakit dan juga menghasilkan zat (anti bodi).

v  Darah
Darah adalah salah salah satu komponen yang sangat pentig karena membawa zat dari luar tubuh kedala dan juga sebaliknya membawa zat dari luar tubuh kedalam .
Fungsi darah:
1.      Mengangkut sari-sari makanan dari usus ke jaringan.
2.      Mentranpor oksigen keseluruh jaringan melalui pengikatan homoglobin terhadap oksigen.
3.      Homoglobin sel darah merah berikata dengan karbondioksida untuk ditranspor  ke paru-paru.
4.      Sel darah merah berperan penting dalam pengaturan PH darah karena ion berkarbonat dan homoglobin merupakan bufer asam basa.

Jadi darah adalah jaringan ikat berbentuk cair yang tersusun atas 4 bagian,yaitu:
1.      Eritrosit (sel darah merah) menghantarkan oksigen dari paru-paru ke jarinag karbondioksida
2.      Likosit (sel darh putih)1. melindungi tubuh terhadap serangan bakteri 2. menyediakan banyak bahan pelindung dan karena gerakan fagostitisis dari beberapa sel 3.bentuknya seperti cakram kecil ,cekung pada kedua sisinya 4.berwarna bening,bentuknya lebih besar daripada sel darh merah tapi jumlanya lebuh sedikit.
3.      Trobosit (sel darah pembeku atau keping darah) adalah sel-sel kecil ukurannya kira-kira sepertiga ukuran sel darah merah,bentuknya tak beraturan,mudah pecah dan tidak mempunyai inti.
4.      Plasma darah (cairan darah) adalah darh tanpa sel-sel darahnya warnanya kekuning-kuningan.protin dalam plasma darah:
a.       Anti hiofirik,berfungsi untuk mencegah anemia
b.      Tromboplasti berfungsi dalam proses pembekuan darah
c.       Ptoktombin mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembekuan darah
d.      Fibrinogen
e.       Albumin berfungsi dalam pemeliharaan tekanan osmosis darah
f.       Gammaglobin berguna dalam senyawa antibidi
5.      Golongan darah
Pada tahun 1900,seorang dokter dari australia kari lansteiner membagi golongan darah  menjadi 4 bagian:
a.       Golongan darah A seseorang dikatakan bergolongan darah A apabila dalam sel darah merahnya terdapat aglutinogen A saja.
b.      Golongan darah B seseorang dpat dikatakan begolongan darah B apabila dalam sel darah merahnya  terdapat aglutinogen B saja.
c.       Golongan darah A & B seseorang dapat dikatakan bergolongan darah A & B apabila dalam sel darah merahnya  terdapat aglutinogen A & B saja.
d.      Golongan darah O seseorang dapat dikatakan bergolongan drah O apabila dalam sel darah merahnya  terdapat aglutinogen O saja tanpa ada aglutinogen A,B,maupun AB.





Daftarpustaka:
Irianto, koes. 2013. AnatomidanFisiologi. PenerbitAlfabeta, cv Bandung.
Sloane, E. 2004.Anatomi Dan FisiologiUntukPemula. Penerbit EGC, Jakarta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar