Kamis, 29 Desember 2016

sistem respirasi

SISTEM REPRESI

Respirasi atau sistem pernapasan adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas.pada hewan berkaki empat,sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara kedalam paru-paru dimana terjadi pertukaran gas.Diafragma menarik uadara masuk dan juga mengeluarkannya.berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup.Bahkan pohon pun memiliki sisrem pernapasan.
Pernapasan adalah:
Ø  Kegiatan mengambil udara (inspirasi) dan menglurkan udara (ekspirasi) melalui alat pernapasan.
Ø  Pertukaran gas antara sel dengan lingkungan (respirasi eksternal).
Ø  Reaksi enzimatik,pemanfaatan oksigen memerlukan enzim pernapasan (sitokran)
Pernapasan dapat melalui:
1.      Pernapasan dada
Pernapasan dada adalah pernapasan yang melibatkan otot antartulang rusuk.mekanismenye dapat dibedakan sebagai berikut.
a.       Fase inspirasi.fase ini diawali dengan berkontaksi otot antartulang rusuk sehingga rongga dada terangkat atau membesar,akibatnya  tekanan diluar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
b.      Fase ekspirasi.fase ini merupakan fase relaksasi atau kembali ditariknya otot antara tulang rusuk kebelakang yang diikuti oleh turunannya tulang belakang sehingga rongga dada kembali kecil.sebagai akibatnya,tekanan didalam rongga dada menjadi lebih daripada tekanan luar,sehingga udara dalam rongga dada yang kaya kabon dioksida keluar.
2.      Pernapasan perut
Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma.mekanismenya dapat dibedakan sebagi berikut:
a.       Fase inspirasi.fase ini berupa berelaksasinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar,akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan diluar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.
b.      Fase ekspirasi.fase ini merupakan fase kontraksi atau kembalinya otot diafragma ke posisi semula yang diikuti oleh turunannya tulang rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil.sebagai akibatnya,tekanan di dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.
Organ-organ sistem pernapasan manusia terdiri dari:
·         Hidung
Hidung adalah bagian yang paling di wajah,yang berfungsi menghirup udara pernapasan,menyaring udara,menghantarkan udara pernapasan,juga berperan dalam resonasi suara.Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas.
·         Faring
Faring (tekak) merupakan persimpangan antara kerongkongan dan tenggorongan.Terdapat katup yang disebut epiglotis (anak tekak) berfungsi sebagai pengatur jalan masuk ke kerongkongan dan tenggorokan.
·         Laring
Laring adalah pangkal tenggorokan,terdiri atas kepingan tulang rawan membentuk jakun dan terdpat celah menuju batang tenggorokan (trakea) disebut glotis,di dalamnya terdapat pita suara dan beberapa otot mengatur ketegangan pita sehingga timbul bunyi.Berbentuk untuk menyalurkan udara dan faring k trakea.
·         Trakea
Berupa pipa yang dingdingnya terdiri atas 3 lapisan,yaitu lapisan luar terdiri jaringan ikat,lapisan tengah terdiri atas otot polos dan cincin tulang rawan dan lapisan dalam terdiri atas jaringan epitelium besilia.Terdiri dileher bagian depan kerongkongan.
·         Bronkus
Merupangan percabangan trakea yang menuju paru-paru kanan dan kiri.Struktur bronkus sama dengan trakea,hanya didingnya lebih halus.kedudukan bronkus kiri lebih mendatar dibandingkan bronkus kanan,sehingga bronkhus kanan lebih mudah terserang penyakit.



·         Bronkiolus
Bronkheolus  adalah percabangan dari bronkhus,saluran ini lebih halus dan dingdingnya lebih tipis.Bronkheolus berjumlah 2,sedangkan kanan berjumlah 3,percabangan ini akan membentuk cabang yang lebih halus seperti pembuluh.
·         Alveolus
Berupa saluran uadar buntu membungkuk gelembung-gelembung uadara,dingding tipis setebal sel,lembab dan berlekatan dengan kapiler darah.berfungsi sebagai permukaan,luas total mencapai 100m2.  





DAFTAR PUSTAKA
Setiadi.2007.Anatomi Dan FisiologiManusia.Penerbit Graham Ilmu, Yogyakarta.
Tarwoto, Ratna Dan Wartonah.2015.Anatomi Dan FisiologiUntukMahasiswaKeperawatan.Penerbit CV. Trans Info Media, Jakarta Timur






Tidak ada komentar:

Posting Komentar